Saturday, April 22, 2017

bagaimana kita sendiri mengerti doktrin

bagaimana kita sendiri mengerti doktrin



                 kita juga membutuhkan landasan doktrin yang baik sebagai dasar tingkah laku dan tindakan kita sendiri dan bukan hanya untuk mengajarkanya kepada anak-anak.
                 Ada enam prinsip dasar yang dapat menolong kita untuk mengerti doktrin:

         I.      Kita perlu bekerja keras

Doktrin datang dari alkitab, oleh sebab itu kita harus membiasakan diri untuk mempelajari alkitab secara teratur dan sebaik-baiknya. Tidak ada tempat untuk berspekulasi atau berteori.
Doktrin-doktrin yang kita cari ada berserakan dalam alkitab. Jadi kita harus sadar bahwa belajar doktrin adalah pekerjaan keras. Tidak ada cara mudah untuk menemukan mensistematiskan kepercayaan kita.
Usahakanlah supaya engkau layak dihadapan allah sebagai seorang pekerja yang tidak usah malu, yang berterus terang memberikan perkataan kebenaran itu.

      II.    Kita perlu melihat panoramanya

Untuk  mengerti doktrin dengan benar kita perlu menemukan dan melihat panoramanya atau pengertian umum dan pandangan keseluruhan mengenai pengajaran doktrin diseluruh alkitab.


   III.    Kita harus membuatnya jelas
          Doktrin sungguh sederhana untuk dimengerti, dengan syarat bahwa kita bersedia mempelajari firman dengan sungguh-sungguh dan bergantung kepada roh kudus untuk menerangkanya. Kebenaran-kebenaran alkitab itu jelas dan tak perlu membingungkan. Saya yakin bahwa allah berkehendak supaya  kita melihat dengan jelas dan mengerti kebenaran-kebnaran firmanya. Dia tidak suka kita “dalam kabut”. Itulah sebabnya rohkudus mengurapi kita masing-masing (yohanes 2:27) dan memberikan kita pengurapan (yohanes 2:20) supaya kita mengetahui segala hal (I yohanes2:20)


    IV.      Kita perlu mengajarkanya
Apa yang kita pelajari harus kita ajarkan kepada anak-anak. Pertama, karena mereka perlu mendengarnya dan mengerti, dan kedua, karena lebih banyak doktrin kita ajarkan, maka akan lebih jelas bagi kita sendiri.

       V.      Kita perlu membaca buku-buku
Walau memperlajari doktrin kita harus berfokus pada alkitab dan yang di ajarkan  disana, kita harus ingat bahwa ada banyak lagi sumber pelajaran doktrin tersedia bagi kita. Hamba-hamba tuhan telah bertahun-tahun mempelajari kebenaran-kebenaran besar alkitab dan telah mencatatkan hasil penemuan mereka untuk kebaikan kita.

    VI.       Kita mempunyai penolong
Kita harus berdoa agar roh kudus menolong kita dalam be;lajar. Salah satu dari pelayananya ialah menerangi-dan dia telah datang untuk membimbing kita dalam kebenaran (yohanes 16:13).


No comments:

Post a Comment

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA Seperti telah diketahui dan dibaca s...