Sunday, April 23, 2017

BEBERAPA KEYAKINAN TENTANG ALKITAB

                  BEBERAPA KEYAKINAN TENTANG ALKITAB



              Sebelum menafsir alkitab, setiap penafsir sudah tentu telah memiliki beberapa presupposisi. Presupposisi-presuposisi sangat penting. Sebab ini merupakan dasar pendekatan-pendekatan dan haluan-haluan penafsiran. Memang dalam dunia penafsiran terdapat golongan liberal yang mengingini suatu penfsiran yang obyektif . tetapi ini jelas tudak mungkin. Faktanya penafsiran liberal sendiri juga memang beberapa presupposisi dalam penyelidikan mereka.
              Sudah tentu presupposisi berlainan dengan prasangka yang subyektif. Seorang yang menafsir dengan subyektif akan memasukkan maksudnya kedalam bagian alkitab yang ingin ia tafsir (eisegesis, bahasa inggris).

Dari alkitab kita dapat mempelajari beberapa keyakinan:
1.      Alkitab adalah kitab yang diwahyukan oleh allah.
            Berdasarkan kesaksian dari alkitab tentang dirinya, seorang penafsir seharusnya dapat menerima beberapa keyakinan dibawah ini:
a.    Naskah asli alkitab adalah firman allah yang tidak bersalah
b.    Alkitab adalah norma tertinggi iman kepercayaan dan kelakuan bagi manusia.
c.     Alkitab adalah wahyu khusus satu-satunya yang diberikan oleh allah. Dan alkitab sudah komplit.
2.      Ilham/wahyu allah yang bersifat lisan dan keseluruhan . ini  berarti bahwa semua huruf dan kata-kata yang ditulis oleh pengarang-pengarang alkitab adalah firman yang diwahyukan oleh allah.
3.      Kitab kanonikal hanya sebanyak 66 kitab.
Dengan singkat boleh dikatakan 3 pandangan terhadap jumlah kitab kanonikal.
a.    Gereja roma katolik dan gereja ortodoks yunani. Gereja roma katolik percaya bahwa gerejalah yang menentukan alkitab dan bukan alkitab yang menentukan gereja, sehingga gereja roma katolik boleh menerima kitab apokrifa.
b.   Gereja-gereja protestan
c.    Perkembangan baru
4.      Alkitab adalah kitab yang ditulis untuk orang-orang pada zaman penulis, juga ditulis untuk orang-orang segala zaman.
5.      Alkitab terdiri dari kitab-kitab yang memiliki cirri khasnya masing-masing, tetapi secara keseluruhan alkitab memiliki pembicaraan, pendirian dan tema yang konsekwen dan bersatu.
6.      Wahyu allah yang makin jelas
Yang dimaksud disini ialah allah memberi wahyu kepada hamba-hambanya dengan bertahap. Allah memberi wahyunya kepada lebih dari 40 orang penullis atau mengilhamkan 4 kitab injil untuk riwayat tuhan yesus, sehingga kebenaran allah boleh dinyatakan dari berbagai sudut ini berarti:
a.    PB mungkin mengandung wahyu yang lebih jelas, untuk menjelaskan perjanjian lama ada baiknya penafsir alakitan kembali ke perjanjian baru.
b.   Ayat-ayat yang jelas menjadi dasar penafsiran bagi ayat-ayat yang kurang jelas.


7.      Dalam alkitab terdapat kata-kata yang mempunyai arti tersendiri.
8.      Alkitab harus dibaca, pada umunya dalam arti harafiah dan dapat dimengerti dengan analisa yang sehat.
9.      Alkitab adalah kitab yang bicara tentang iman kepercayaan dan membawa berkat besar bagi manusia.

10.  Alkitab, wahyu allah yang sempurna, hanya bicara apa yang ingin diilhamkan oleh allah.



No comments:

Post a Comment

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA Seperti telah diketahui dan dibaca s...