Sunday, April 23, 2017

SYARAT-SYARAT SEORANG PENAFSIR ALKITAB

                                              SYARAT-SYARAT SEORANG PENAFSIR ALKITAB






              Adalah keyakinan gereja-gereja protestan bahwa setiap orang Kristen berhak membaca dan menafsir alkitab. Setiap penafsir alkitab harus bersedia berjuang untuk mempelajarinya. Selain bahasa-bahasa yang dipakai oleh penulis alkitab, pengetahuan tenyang sejarah, adat istiadat, pikiran, geografis tentang penduduk, daerah dan zaman alkitab juga sangat penting.

A.   Seorang Yang Sudah Dilahirkan Kembali
              Sudah tentu seorang yang belum dilahirkan baru, juga dapat mengerti arti kata-kata alkitab, tetapi ini tidak berarti ia sudah mengerti alkitab. Bagi seorang yang belum dilahirkan kembali hal-hal rohani adalah hal-hal yang tidak masuk akal, bodoh dan sebagainya.

B.   Seorang yang memiliki sikap dan motivasi yang benar
              Jika seorang tidak membaca alkitab dengan sikap dan motivasi yang benar, sudah tentu ia kan memperoleh berkat dari padanya. Seorang penafsir alkitab yang baik harus bersukap:
1.      Rindu akan firman allah. (mazmur 119:103)
Jikalau anak-anak allah tidak cinta allah. Pasti mereka tidak mungkin rindu akan firman allah. Kerinduan demikian dilukiskan sebagai orang yang sedang dalam keadaan lapar dan haus.
2.      Murid. (yesaya 50:4)
Sebagai seorang murid orang Kristen harus mengakui kekuranganya dan bersedia belajar dengan rendah hati, ia harus bersedia membayar harga dalam penuntunanya menuju kebenaran allah.
3.      Iman (ibrani 11:6)
Seorang yang hendak mempelajari alkitab harus yakin bahwa ini adalah firman tuhan yang tidak bersalah. Alaupun didalam alkitab terdapat mujizat-mujizat, ayat-ayat yang sulit dimengerti, tetapi bagi seorang yang beriman, yang percaya akan kebijaksanaan allah, semua ini tidak menjadi soal.
4.      Rajin dan teliti (kisah. 17:11)
Seorang awam yang membaca alkitab dengan rajin dan teliti mungkin akan lebih mengerti firman allah daripada seorang teolog yang tidak memperhatikan alkitab. Jikalau mereka ingin mengerti firman allah, sikap yang harus dimiliki oleh mereka adalah tekun dan teliti.
5.      Bertekad menjalankan firman tuhan (matius 7:24-25, yakub 1:22)
Tekad demikian adalah sangat penting, sebab tanpa tekad demikian, orang Kristen bagaikan membangun sebuah rumah tanpa fondasi yang baik. Firman tuha akan jadi hidup, berarti, bermanfaat, dan berfungsi jikalau pembacanya bersedia menjalankanya.


C.   Mohon penerangan dari rohkudus  (yohanes 16:13)

              Alkitab bukan suatu buku manusia biasa, melainkan firman yang diilhamkan oleh allah. Jadi rohkudus adalah pengarang sesungguhnya dari alkitab, yang bekereja dalam hati penulis-penulis alkitab.



No comments:

Post a Comment

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA

TAMBAHAN DAN KONFIRMASI ULANG MENGENAI NUBUATAN YANG KAMI SAMPAIKAN MENGENAI BASUKI TJAHAJA PURNAMA Seperti telah diketahui dan dibaca s...